Pages

Ads 468x60px

Saturday, April 6, 2013

Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri Dan Orang Lain

Sebagai hamba Allah setiap orang mempuyai dan atau memiliki tanggung jawab baik keluar maupun kedalam, sebagai tugas yang harus diemban , dilaksanakan , dan kelak nantinya akan dimintai pertanggung jawaban terhadap apa yang telah dilakukan oleh masing - masing diri. 



Secara garis besar terdapat empat asas yang harus diperhatikan , dimiliki dan ditanamkan oleh setiap orang dalam rangka menjalani kehidupan sebagai hamba Allah :

Kesejahteraan dan Keamanan (islam dan iman)
Kesejahteraan dan kemakmuran dapat dibedakan tetapi tidak dapat dipisahkan dan merupakan kebutuhan manusia yang mendasar dan esensial. Dengan demikian, kesejahteraan dan keamanan merupakan asa dalam sistem kehidupan. Tanpa kesejateraaan dan keamanan, sistem kehidupan tidak akan dapat berlangsung dengan baik. Kesejahteraan dan keamanan merupakan nilai intrinsik yang ada pada sistem kehidupan  itu sendiri. Kesejahteraan maupun keamanan harus selalu ada, berdampingan pada kondisi apa pun. Dalam kehidupan, tingkat kesejahteraan dan keamanan nasional yang dicapai merupakan tolok ukur seberapa besar hamba Allah yang ada dalam kehidupan ini yang sudah menjalankan tugasnya dengan baik. 


Komprehensif Integral atau Menyeluruh Terpadu (islam kaffah)
Sistem kehidupan mencakup segenap aspek kehidupan bangsa dalam bentuk perwujudan persatuan dan perpaduan yang seimbang, serasi dan selaras pada seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. mencakup ketahanan segenap aspek kehidupan bangsa secara utuh, menyeluruh dan terpadu (komprehensif intergral).

Mawas ke Dalam da Mawas ke Luar
Sistem kehidupan merupakan perpaduan segenap aspek kehidupan bangsa yang saling berinteraksi. Di samping itu, sistem kehidupan nasional juga berinteraksi dengan linkungan sekelilingnya. Dalam proses interaksi tersebut dapat timbul berbagai dampak baik yang bersifat positif maupun negatif. Untuk itu diperlukan sikap mawas ke dalam maupun keluar.


a. Mawas ke Dalam
Mawas ke dalam bertujuan menumbuhkan hakikat, sifat, dan kondisi kehidupan itu sendiri berdasarkan nilai-nilai kemadirian yang proporsional untuk meningkatkan kualitas derajat kemandirian yang ulet dan tangguh.


b. Mawas ke Luar
Mawas Ke luar bertujuan untuk dapat mengantisipasi dan berperan serta mengatasi dampak lingkungan dan menerima kenyataan adanya interaksi dan ketergantungan dengan kehidupan disekitara mereka.

Kekeluargaan
Asas kekeluargaan mengandung keadilan, kearifan kebersamaan, kesamaan, gotong royong, tenggang rasa dan tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Perbedaan tersebut harus dikembangkan secara serasi dalam hubungan kemitraan agar tidak berkembangkan menjadi konflik yang bersifat saling menghancurkan.



Wallahu A'lam

0 comments:

Post a Comment

 

Sample text

Followers

Sample Text